Retail

GAMBARAN UMUM - RETAIL

Diperkenalkan pada tahun 2016, BRC Standar Global untuk Retail memberikan sertifikasi penting bagi organisasi yang menjual produk makanan maupun produk hard lines seperti elektronik dan perlengkapan rumah tangga secara ecer (retail). Standar ini mencakup aktivitas ritel, commissary , pengadaan barang, dan kegiatan produksi di dalam toko.

 

Pengecer adalah poin terakhir dalam rantai pasok makanan sebelum konsumen; sehingga memiliki peran penting dalam mengelola rantai pasok dan juga pengiriman barang dan jasa ke konsumen. Oleh karena itu, Standar ini dirancang untuk mempromosikan praktik terbaik terkait keamanan produk serta kualitas dan kriteria operasional yang diperlukan untuk memenuhi kewajiban terkait dengan hukum dan perlindungan konsumen.

 

Standar Global untuk Retail telah dikembangkan untuk memberikan kerangka kerja bagi bisnis untuk mengelola keamanan, kualitas, dan legalitas produk dan layanan yang ditawarkan di lingkungan ritel.

 

Oleh karena itu standar ini ditujukan untuk :

  • Organisasi yang menjual produk makanan secara ecer (ritel);
  • Program persetujuan sourcing dan pemasok;  dan
  • Persiapan dan pemrosesan di dalam toko.

SEKTOR DALAM STANDAR BRC RETAIL

Keamanan produk yang konsisten ialah tanggung jawab semua pihak di dalam sebuah perusahaan. Awal yang baik bagi sebuah rencana yang efektif terkait sistem keamanan produk ialah komitmen dari manajemen senior untuk menerapkan Standar dan perbaikan yang berkelanjutan. Termasuk di dalamnya dengan menyediakan sumberdaya yang memadai, komunikasi yang efektif, sistem pengulasan, dan ruang untuk perbaikan.

BRC Standar Global untuk Retail mensyaratkan pengembangan sistem keamanan pangan yang mencakup produk, aktivitas dan jasa yang perusahaan kelola atau tentukan. Standar ini didasarkan pada prinsip analisis bahaya dan resiko (HACCP dalam industri pangan); serta harus didokumentasikan, diterapkan secara menyeluruh dan dipelihara.

Poin ini mensyaratkan manajemen mutu dan keamanan produk, dibangun berdasarkan prinsip ISO 9000. Termasuk di dalamnya persyaratan untuk kontrol dokumen, audit internal, kontrol terhadap produk yang tidak sesuai dan manajemen insiden dan penarikan produk.

BRC Standar Global untuk Retail menetapkan standar terkait struktur fisik bangunan, desain, denah dan perawatannnya; sebah program persyaratan dasar untuk memastikan bahwa fasilitas yang dipakai mendukung dalam menghasilkan produk dan jasa yang aman.

Manajemen produk di dalam sebuah bisnis retail ialah hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan mutu dan keamanan produk, serta memastikan bahwa produk memenuhi ekspektasi konsumen dan regulasi hukum.

Bisnis retail disarankan untuk memiliki sistem yang terstruktur sehingga menghasilkan mutu servis dan produk yang konsiten ke tangan konsumen. Termasuk ke dalam sistem ini ialah kontrol produk yang mudah rusak (perishable/ age restricted), keakuratan dalam pemberian harga, dan manajemen limbah pangan.

Karyawan ialah garda terdepan dalam kontak dengan konsumen, sehingga merepresentasikan brand sebuah perusahaan. Pelatihan dan pengawasan karyawan ialah kunci dalam menjaga kestabilan nama brand di dunia retail, menjadi sebuah kesempatan besar untuk tampil menonjol dalma industri ini.

MENGAPA MENGGUNAKAN STANDAR BCR UNTUK RETAIL

Kepercayaan Konsumen

BRC Standar Global untuk Agen dan Broker memastikan pelanggan Anda percaya pada bagan produksi dan manajemen rantai pasok Anda.

Dapat Diterapkan dan Hemat Biaya

Rekognisi global mengurangi kebutuhan untuk proses audit ganda

Auditor Terlatih di Seluruh Dunia

Semua audit BRC dilakukan oleh badan sertifikasi dan penyedia pelatihan yang kompeten dan terhubung dalam jaringan global

Support

Menyediakan Technical Support yang terlatih dan siap menjawab pertanyaan teknis Anda