Consumer Products
Home BRC Global Standard

Consumer Products

GAMBARAN UMUM - CONSUMER PRODUCTS

Isu 4 terkait Consumer Products Standard dipublikasikan pada tahun 2016 dan sudah direvisi sepenuhnya menjadi:

Menyederhanakan persyaratan dan terminologi untuk memudahkan pemahaman.

Memperluas cakupan untuk mengikutsertakan penjualan grosir dan komponen atau bahan baku.

Merekognisi diversitas produk di dalam sektor Consumer Products.

Menyesuaikan Standar dengan ekspektasi pembelian dari pembeli atau pemilik merk dengan tetap mendorong perbaikan berkelanjutan.

Memastikan bahwa persyaratan tercantum didasarkan pada analisis risiko.

Memperkenalkan level Foundation dan level Higher untuk mendorong perbaikan yang berkelanjutan.

Untuk mencapai hal tesebut, BRC telah membagi BRC Global Standard for Consumer Products menjadi dua Standar. Masing-masing dari Standar tersebut dapat disertifikasi pada level Foundation dan level Higher. Hal tersebut menyediakan kemudahan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen; bergantung pada sektor produk yang dijual dan/atau analisisis risiko produk/merk; dan menyediakan tahapan yang terstruktur untuk perbaikan yang berkelanjutan.

 

Standar ini dikembangkan oleh para ahli di industrinya untuk memastikan keketatan dan ketelitian standar yang tetap berfokus pada masalah utama untuk memastikan keamanan dan kelegalan produk yang sesuai dengan persyaratan kualitas untuk konsumen. Standar ini juga menyediakan kerangka kerja untuk mengelola keamanan, integritas, kelegalan, dan kualitas produk; serta kontrol operasional untuk kriteria tersebut. Dua Standar tersebut yaitu :

Global Standard for Consumer Products - Barang Dagangan Umum

Global Standard for Consumer Products - Produk Personal Care dan Kebutuhan Rumah Tangga

Kedua Standar tersebut berfokus pada :

  • Pentingnya komitmen manajemen. 
  • Analisis risiko produk untuk memastikan produk didesain secara aman dan legal sebelum tahap produksi dilakukan. 
  • Analisis risiko proses memastikan bahwa isu potensial dalam tahap produksi telah dipahamidiprioritaskan, dan dikelola secara efektif. 
  • Memastikan kesesuaian desain dan perawatan pabrik serta lingkungan produksi untuk melindungi produk dari kontaminasi. 
  • Proses pengujian produk dan sampling yang efektif. 

HAL YANG TERKANDUNG DALAM BRCGS FOR CONSUMER PRODUCTS

Keamanan produk yang konsisten ialah tanggung jawab dari semua pihak di dalam perusahaan; walaupun demikian, awal dari rencana keamanan produk yang efektif ialah komitmen dari manajemen senior untuk mengimplementasikan Standar dan menerapkan perbaikan yang berkelanjutan. Termasuk di dalamnya menyediakan sumberdaya yang memadai, melakukan komunikasi yang efektif, mereview sistem, melakukan tindakan dan menyediakan ruang untuk perbaikan.

Tahap pertama dalam menyediakan produk yang aman dan legal ialah memastikan bahwa formulasi dan desain produk telah sesuai dengan persyaratan legal, aman untuk digunakan konsumen, dan sesuai dengan ekspektasi umur produk. Bagian ini berfokus pada pemahaman persyaratan legal dan proses pengujian keamanan dan kelegalan produk serta kesesuaian kemasan produk sebelum tahap produksi dimulai.

Bagian ini mengatur terkait persyaratan untuk maaejemen keamanan dan kualitas produk serta prinsip yang tertuang pada Standar ISO. Termasuk di dalamnya terkait spesifikasi produk, persetujuan supplier, ketertelusuran, dan manajemen insiden serta penarikan produk.

Bagian ini mengatur tentang standar untuk lingkungan produksi, termasuk di dalamnya tata letak bangunan serta perawatan bangunan dan peralatan, pembersihan, kontrol hama, serta manajemen limbah.

Mengidentifikasi persyaratan untuk pengujian produk, sampling, dan perawatan sampel referensi. Mengidentifikasi persyaratan untuk pengujian produk, sampling, dan perawatan sampel referensi.

Didasarkan pada prinsip pengujian bahaya dan risiko, bagian ini berfokus pada kontol dan manajemen proses produksi untuk memastikan produk yang dihasilkan aman dan legal dengan kualitas yang sesuai. Termasuk di dalamnya kontrol kontaminan, kegiatan pengemasan dan pelepasan produk ke pasaran.

Bagian ini mengatur terkait standar yang dibutuhkan untuk pelatihan karyawan, pakaian protektif, dan higienitas personal.