Perempuan dalam Membangun IoT di Lembaga Training dan Sertifikasi Person MARKCERT

Markco Internasional

09 December 2021

No Comments

Perempuan dalam Membangun IoT di Lembaga Training dan Sertifikasi Person MARKCERT

 

AEROINDOMAGZ – Kesuksesan membangun IoT di Lembaga Training dan Sertifikasi Person MARKCERT, mendapatkan pengakuan internasional berbasis ISO/IEC 17024 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

 

Komite Akreditasi Nasional Indonesia (KAN) telah mendapat pengakuan internasional melalui IAF (International Accreditation Forum)-Multilateral Recognition Arrangement (MLA) untuk skema akreditasi lembaga sertifikasi person (LSP) dan telah menyematkan pengakuan per tanggal 27 Oktober 2021 – 26 Oktober 2026 kepada Lembaga Sertifikasi Person PT Markco Internasional Indonesia (MARKCERT) untuk skema bidang Kesehatan, dengan spesifikasi Auditor/ Inspektur cGMP Obat Hewan dan Inspektur Kompartemen Bebas Penyakit. Ruang lingkup ini dapat dikembangkan ke sub bidang yang lebih luas yakni cGMP obat, obat tradisional, kosmetik dan pangan

IoT MARKCERT solusi penghantar pendidikan atas luasnya kerangka Nusantara.

Penetapan skema merupakan hasil kerjasama Direktorat Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian atas perwujudan amanah dari Peraturan Menteri Pertanian Nomor 15 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan Standar Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Pertanian dan Lampirannya. Pengakuan ini tidak akan dapat terwujud tanpa kerjasama dan dukungan dari drh. Ni Made Ria Istiyanthi, PhD, Kepala Subdirektorat Pengawasan Obat Hewan, yang juga merupakan Tokoh Perempuan Bali; drh. Fadjar Sumbing Tjatur Rasa, PhD, Direktur Kesehatan Hewan sampai Juli 2021; Prof. Bambang Prasetya, Kepala Badan Standardisasi Nasional 2012-2020; Prof. Daryono Hadi Tjahjono, Guru Besar Farmasi ITB; serta pihak lainnya.

Current Good Manufacturing Practices (cGMP) merupakan persyaratan dasar industri yang dikembangkan oleh organisasi internasional spesifik di bidangnya dan menjadi dasar perdagangan dunia di sektor obat, kosmetik dan pangan. Sebagai contoh cGMP untuk obat dikembangkan oleh World Health Organization (WHO) dan diakui oleh Pharmaceutical Inspection Co-operation Scheme (PIC/S) yang beranggotakan Badan Pengawasan Obat dari berbagai dunia untuk menstandarkan produksi dan peredaran obat. Pengakuan cGMP dapat mendukung ekspor produk obat/ obat hewan, di era globalisasi dan persaingan tajam. cGMP di bidang kosmetik tidak kalah pentingnya, untuk menembus perdagangan bahan baku kosmetik dengan market yang luas maka penerapan GMP dibawah pengakuan European Federation for Cosmetic Ingredients (EFFCI) menjadi sebuah keharusan. Pengembangan, penerapan dan pengetahuan cGMP bidang obat dan kosmestik masih kurang di Indonesia sehingga diperlukan lembaga training dan uji kompetensi untuk keduanya.

 

Di sisi lain adalah bidang pangan yang pengembangan standarnya terus meningkat dan semakin ketat di era perdagangan bebas. Oleh karena itu, pemeran perempuan di era IoT, Lely Rahmawaty, CEO MARKCERT dan Dosen International University Liaison Indonesia (IULI), telah menjadi konsultan pertama dari Indonesia di BRCGS-London, merek global terkemuka di dunia yang membantu membangun kepercayaan dalam rantai pasokan untuk Keamanan Pangan, Bahan Pengemasan, Penyimpanan dan Distribusi, Produk Konsumen, Agen dan Broker, Eceran, Bebas Gluten, Berbasis Tanaman, dan Perdagangan Etis menetapkan tolok ukur untuk praktik manufaktur yang baik, dan membantu memberikan jaminan kepada pelanggan bahwa produk Anda aman, legal dan berkualitas tinggi. BRCGS menjadi standar tertinggi pangan dan persyaratan buyer besar dan terpercaya dunia, memberi jaminan menembus ekspor.

IoT MARKCERT sarana peningkatan kompetensi dan percepatan karir. Menjadi Expert di usia muda.

Kedua sektor ini menjadi sektor penting di masa kini dan mendatang. Tuntutan kualifikasi tenaga kerja pada kedua sektor semakin meningkat, yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja sesuai tugas dan jabatan yang diakui secara nasional dan internasional. Namun, luasnya wilayah memberikan keterbatasan layanan. Oleh karena itu, MARKCERT, melalui aplikasi on-demand LMS dan uji kompetensi online yang terakreditasi menyediakan layanan berbasis IoT. Dikembangkan oleh Tim muda dan berbakat, berstrategi Gender Equality and Social Inclusion (GESI), dan bervisi elephant (Passionate, Ethics, Collaborative, Innovative, Integrity, Recognized), maka layanan training www.markcert.id dan uji kompetensi www.mark.co.id/classroom dapat diakses dari seluruh Indonesia. Dengan IoT, training dan uji kompetensi dapat dilakukan kapan saja (di luar jam kerja, di waktu senggang), dimana saja (berbagai lokasi), dan siapa saja (pelajar, pekerja, wirausaha). Namun demikian, Aplikasi ini membutuhkan pengembangan lebih lanjut untuk memberikan keluasan kesempatan kepada generasi muda, generasi pekerja, generasi karya (wirausaha-entrepreneur) untuk meningkatkan karir dan bisnisnya menembus pasar ekspor.

 

Melalui penerapan aplikasi berbasis IoT yang didukung oleh pengakuan internasional akan mampu melebarkan sayap generasi muda untuk berkiprah di kancah nasional dan internasional. Level Nasional telah diraih MARKCERT melalui lomba Socio Digitechnopreneur dan lomba Youth Economic Leadership Program, Bank Indonesia. Level Internasional bukanlah sebuah mimpi namun bukti, MARKCERT telah bekerjasama dengan AFNOR Groupe France, GENI-Robot Korea Selatan, AGFO Cert Turki, WHAD-ALADIN Italia dan BRCGS-London.

 

Sektor Kesehatan dan Sektor Pangan merupakan dua bidang seksi, tetapi tidak lengkap tanpa Sektor Energi. Ketiganya merupakan segitiga piramida yang menentukan kesejahteraan bangsa. Pemanasan global dan perubahan iklim menuntut berbagai negara di belahan dunia untuk melakukan efisiensi energi dan berperan dalam mencegah kenaikan suhu bumi. Dalam kaitannya dengan ini, maka di masa depan MARKCERT juga berkomitmen untuk pengembangan training dan sertifikasi person berbasis IoT di bidang manajemen energi, efisiensi energi, energi terbarukan dan konservasi energi.

Perempuan membangung ioT MarkCert

IoT MARKCERT adalah efisiensi waktu, transportasi dan biaya.

Leave a Reply