Pentingnya Cyber Security

Markco Internasional

15 January 2021

No Comments

PENTINGNYA CYBER SECURITY DI ERA 4.0

 

Masyarakat era 4.0 sudah tidak asing mendengar cyber security, hal ini tidak lepas dari semua pekerjaan yang bergantung pada mesin. Kemudahan yang diberikan seperti fleksibilitas akses menjadi salah satu alasan penggunaan mesin pada sistem dokumentasi sebuah perusahaan. Dibalik kemudahan yang diberikan, tentu dibarengi dengan resiko seperti kebocoran data. Tak diragukan lagi betapa pentingnya cyber security saat ini, karena dibutuhkan untuk mencegah segala kemungkinan resiko dari penggunaan sistem tersebut.

 

Cyber security merupakan teknologi untuk melindungi jaringan, komputer, program dan data dari serangan, kerusakan atau akses yang tidak sah. Hal tersebut merupakan upaya untuk melindungi informasi dari adanya cyber attack. Cyber attack dalam operasi informasi adalah semua jenis tindakan yang sengaja dilakukan untuk mengganggu kerahasiaan, integritas, dan ketersedian informasi.  Manfaat dari cyber security yaitu untuk menjaga dan mencegah penyalahgunaan akses maupun pemanfaatan data dalam sistem Teknologi Informasi dari seseorang yang tidak memiliki hak untuk mengakses maupun memanfaatkan data dalam sistem tersebut. Selain itu, dengan adanya cyber security, reputasi dari perusahaan tetap terjaga, khususnya yang berhubungan dengan pihak pengguna jasa perusahaan tersebut.

cyber security

KEAMANAN BISNIS DIGITAL MENJADI PENENTU KESELAMATAN PERUSAHAAN

 

Semua perusahaan yang bertransformasi ke data berbasis digital sangat dianjurkan untuk memperhatikan dan menggunakan cyber security dalam menyimpan, mengakses dan mengambil informasi penting. Melindungi informasi dan data merupakan kebutuhan sebagian besar perusahaan dan instansi pemerintah di seluruh dunia. Karena data merupakan aset berharga dari suatu perusahaan dan bisa menjadi masalah di kemudian hari apabila data tersebut jatuh ke tangan orang yang tidak berhak.

 

Faktor keamanan dalam bisnis digital sendiri sudah menjelma menjadi bagian dari penentu keselamatan perusahaan. Faktanya, banyak perusahaan yang mengalami gulung tikar karena diakibatkan oleh serangan cyber. Kendati demikian, sayangnya sampai saat ini masih banyak perusahaan maupun bisnis di Tanah Air yang belum begitu paham akan bahaya cyber crime yang sewaktu-waktu dapat mengancam eksistensi perusahaan.

Berdasarkan data Cyber Security Venture dalam laporan resmi pada tahun 2017 silam. Mereka menemukan fakta mengejutkan bahwa semakin kesini justru kian banyak ditemukan potensi kerusakan akibat dari serangan siber. Target yang disasar pun semakin beragam, mulai dari bidang penjualan, perekrutan pegawai, perbankan, hingga transaksi finansial. Selain itu, perangkat yang rentan terhadap dampak serangan cyber sendiri dapat berwujud dalam banyak hal. Antara lain, piranti keras, server, serta data pelanggan.

 

Maraknya bisnis digital terkadang dimanfaatkan oleh mereka yang ingin mendapatkan uang secara cuma-cuma dengan meretas website perusahaan kemudian meminta sejumlah tebusan sebagai keuntungan. Apabila hal tersebut menimpa perusahaan Anda, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah meng-upgrade sistem keamanan agar kedepannya tidak terjadi hal serupa.

Artikel ini ditulis oleh : Nabila Puterianna
Dipublikasikan oleh : Nabila Puterianna

Leave a Reply