Kandungan Lutein pada Sayur dan Buah

Markco Internasional

03 April 2021

No Comments

Kandungan Lutein pada Sayur dan Buah

 

Sayur mayur dan buah-buahan mengandung vitamin dan mineral, serta serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari yang membuatnya memiliki segudang peran penting bagi tubuh untuk meningkatkan imun dan mencegahnya dari berbagai macam penyakit. Mengonsumsi sayur dan buah dengan benar dan teratur juga dapat menurunkan berat badan tanpa membuat tubuh merasa lemas tak bertenaga. Tapi, apakah Anda sudah tau kandungan apa saja yang ada di dalam sayur dan buah yang Anda konsumsi? Salah satu kandungan penting yang terdapat pada beberapa jenis sayur dan buah adalah Lutein. Biasanya, Lutein didapati dalam buah dan sayuran yang sama dengan Zeaxanthin. Lutein dan Zeaxanthin merupakan antioksidan yang disebut Karotenoid.

Kandungan Lutein Sayur Buah

Ada lebih dari 600 Karotenoid di alam. Lutein dan Zeaxanthin adalah dua dari sedikit yang memberikan manfaat kesehatan. Keduanya membantu melindungi mata dari panjang gelombang cahaya yang berbahaya dan menetralkan radikal bebas yang merusak di retina mata. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi setidaknya 10 miligram Lutein per hari memberikan manfaat melindungi penglihatan. Buah dan sayuran memberikan Lutein paling banyak per porsi.

 

Satu studi meneliti 50.000 kuesioner dari perawat Inggris. Mereka menemukan hubungan antara asupan Karotenoid yang tinggi dan penurunan risiko katarak, menunjukkan bahwa Lutein berfungsi sebagai pelindung terhadap penyakit mata degeneratif. Lutein juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, karena Lutein merupakan antioksidan yang berguna untuk mencegah produksi ateroma yang akan menyumbat arteri (USC). Karena mengandung Antioksidan, Lutein dapat melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas yang berbahaya.

 

Lutein juga dapat membantu kesehatan kulit, Ia memiliki kemampuan untuk menyaring panjang gelombang sinar UV untuk mencegah kerusakan oksidasi radikal bebas pada kulit.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat buah dan sayur dengan berbagai warna dengan kandungan Lutein dan Zeaxanthin yang relatif tinggi. Lutein dapat ditemukan pada jenis sayuran berdaun hijau (kale, bayam, lobak, selada, kangkung), sayuran krusif (brokoli, kubis, kembang kol) yang mengandung lutein paling tinggi, sayuran bertepung (jagung, kacang polong, kacang hijau, labu-labuan dan squash), buah-buahan (jeruk, jeruk bali, melon, kiwi, persik, anggur), serta cayenne pepper, paprika, dan kuning telur.

Leave a Reply